PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES LANRAKI 2 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Nurul Rezky Fausiah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES LANRAKI 2 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (52kB)
[img] Text
Surat persetujuan pembimbing.docx

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK dkk +.docx

Download (42kB)
[img] Text
SKRIPSI ++.docx

Download (130kB)
[img] Text
Lampiran +.docx

Download (7MB)

Abstract

Nurul Rezky Fausiah, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Dr. Andi Nurrochmah, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah ini menelaah pengaruh penggunaan media video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media video pembelajaran IPA kelas III SD Inpres lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar; (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar; (3) Apakah ada pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran penggunaan media video pembelajaran IPA kelas III SD Inpres lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar; (2) Gambaran minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar; (3) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pendekatan penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas III A sebanyak 30 siswa sesuai dengan teknik porposive sampling yang dilakukan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik angket minat yang memanfaatkan skala likert, lembar observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi oleh 2 pakar ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif, ialah: (1) penggunaan media video pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa, dibuktikan dengan skor hasil pengamatan disetiap pertemuan mengalami peningkatan; (2) Minat belajar siswa pada tes awal (pretest) berada pada kategori sedang, sedangkan minat belajar siswa pada akhir pembelajaran (posttest) berada pada kategori tinggi. Hasil statistik inferensial menggunakan Paired Simple T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:13
Last Modified: 22 Jun 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30979

Actions (login required)

View Item View Item