HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN GUNUNG SARI IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SEPTIARINI SYARIF (2023) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN GUNUNG SARI IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DLL.rtf

Download (801kB)
[img] Text
persetujuan hasil.docx

Download (42kB)
[img] Text
skripsi 1-5 revisi 1 benr.rtf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (57kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (69kB)

Abstract

Septiarini Syarif, 2017. Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd, M.Pd dan Andi Wahed, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yakni gambaran pengelolaan kelas di SDN Gunung Sari II, gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan apakah terdapat hubungan pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasional. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas IV dan V dengan jumlah 50 siswa dengan sampel yang hadir dalam penelitian yaitu 50. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian angket pengelolaan kelas dan minat belajar siswa kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial hasil uji-normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov diperoleh sebesar 0,200. Hasil analisis data pengelolaan kelas menunjukkan kecenderungan data berada pada kategori sedang sebesar 64% dan hasil analisis data minat belajar siswa menunjukkan kecenderungan data berada pada kategori sedang sebesar 72%. Hasil uji hipotesis dengan uji korelasi person product moment diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,562 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang segnifikan antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berada pada kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Adanya hubungan antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:04
Last Modified: 21 Jun 2023 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item