PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V B SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

OKTAVIANUS RUSLI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V B SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Bagian Awal.docx

Download (118kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (56kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR IS1 skripsi.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN Skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (13kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (680kB)

Abstract

OKTAVIANUS RUSLI. 2017. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V B di SDN Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Contextual Teachingand Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seorang guru kelas V sebagai observer serta seluruh siswa kelas V B SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 39 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 18 dan perempuan 21 orang. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui tiga tahap, Reduksi data, mendeskripsikan data, membuat kesimpulan. Adapun hasil observasi mengajar guru siklus I Pertemuan I berada pada kategori Cukup (C) dan Siklus I pertemuan II berada pada Kategori Baik (B), pada hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori Cukup (C). Dan hasil observasi mengajar guru pada siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori Baik (B), pada hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori Baik (B). Kesimpulan hasil penelitian yaitu ketuntasan belajar pada siklus I penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berada pada kategori cukup (C) dan rata-rata hasil belajar IPS berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami peningkatan yakni mencapai kategori baik sekali (BS) dan rata-rata hasil belajar IPS meningkat mencapai kategori baik (B). Dengan demikian dapat kita katakan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:54
Last Modified: 20 Jun 2023 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item