Pengaruh Pendekatan pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 12 Bulukumba (Studi Pada Materi Sistem koloid).

NIRMAYANTI, IRMA (2016) Pengaruh Pendekatan pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 12 Bulukumba (Studi Pada Materi Sistem koloid). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel irma.docx

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK .(Dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Muhammad Danial). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar kimia pada materi sistem koloid, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia pada materi sistem koloid, (3) pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 12 Bulukumba tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA/1 dan XI IPA/2 sebanyak 64 orang. Sampel penelitian merupakan sampling jenuh yaitu kelas XI IPA/1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA/2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar sebanyak 50 butir pernyataan dalam bentuk skala likert dan tes hasil belajar sebanyak 30 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data motivasi belajar peserta didik yang terdiri dari motivasi tinggi, motivasi sedang dan motivasi rendah, dan pengumpulan data hasil belajar kognitif yang diperoleh dari hasil pemberian tes hasil belajar berupa posttest. Teknik analisis data yang digunakan dengan bantuan program SPSS 20 for windows, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Two way Anova, dengan tingkat kesalahan 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar kimia peserta didik dengan nilai signifikansi 0,047 lebih kecil dari 0,05; (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia dengan nilai signifikansi 0,912 lebih besar dari 0,05. Kata kunci: Pendekatan, CTL, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:45
Last Modified: 09 Oct 2017 07:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item