PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SUSANTRI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (33kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI santri.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB III FIX.docx

Download (2MB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAR HIDUP.docx

Download (27kB)

Abstract

SUSANTRI, 2017, Pengaruh Penggunaan Strategi Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abida Idrus, S.Pd.,M,Pd, dan Hikmawati Usman, S.Pd.,M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di landasi oleh kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar IPA pada siswa masih rendah adapun rumusan maslahnya adalah yaitu: 1) Bagaimanakah gambaran penggunaan strategi Guided Teaching terhadap siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? 3) Adakah pengaruh penggunaan strategi Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk megetahui gambaran penggunaan strategi Guided Teaching terhadap siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimen. Fokus penelitian adalah untuk melihat adanya pengaruh strategi Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini terbagi atas dua kelompok yakni kelompok eksperimen 28 siswa dan kelompok kontrol 28 siswa teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah terdiri atas tiga yakni tes, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik diskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa strategi Guided Teaching memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD sInpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:58
Last Modified: 16 Jun 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item