Pengaruh Media Pembelajaran Komik terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Kota Makassar

Andi Elvin Bahar (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Komik terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL Dkk.docx

Download (109kB)
[img] Text
Bab 1 dan 3.docx

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (7MB)
[img] Text
Bab 4 dan 5.docx

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang pengaruh media pembelajaran komik terhadap keterampilan membaca pemahaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penggunaan media pembelajaran komik di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar?, bagaimanakah gambaran keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar?, apakah terdapat pengaruh media pembelajaran komik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaraan Bahasa Indonesia di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran komik di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar, untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran komik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaraan Bahasa Indonesia di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lariang Bangi I dan siswa kelas V SDN Lariang Bangi III yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunkaan teknik purposive sampling, penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan independent simple t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan media pembelajaran komik berada pada kategori tinggi, gambaran keterampilan membaca pemahaman siswa pada kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi, sedangkan gambaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok kontrol berada pada kategori sedang. Hasil analisis independent sample t-test, nilai postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan hasil sig. (2-tailed)<0,05. Hal ini berarti media pembelajaran komik berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:05
Last Modified: 15 Jun 2023 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30108

Actions (login required)

View Item View Item