Nita Dinarta Tamis (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar.
Text
Sampul.docx Download (26kB) |
|
Text
MOTO ABSTRAK PRA.docx Download (539kB) |
|
Text
DAFTAR ISI dkk.docx Download (23kB) |
|
Text
MOTO ABSTRAK PRA.docx Download (539kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, pada siswa kelas III SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II Kecamatan Makassar kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III , (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada siswa kelas III, (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas III, (2) Gambaran hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation siswa kelas III, (3) Apakah terdapat pengaruh dalam model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental bentuk nonequivalent control group design Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh sehingga didapatkan kelompok eksperimen siswa kelas III. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan penerapan Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30102 |
Actions (login required)
View Item |