Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar

Ainun Jariah (2023) Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (57kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.doc

Download (58kB)
[img] Text
pengesahan ujian skripsi.doc

Download (62kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I-BAB V.doc

Download (503kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) gambaran penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar, (2) gambaran keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar, (3) pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup media gambar dan variabel terikat mencakup keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Sampel yang digunakan adalah 18 orang siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 22 orang siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanya itu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar berada pada kategori baik dengan persentase 93,33%, (2) gambaran keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar mengalami peningkatan, (3) terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya Kecamatan Makassar Kota Makassar dengan nilai signifikan 0,001<0,050.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:39
Last Modified: 15 Jun 2023 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item