PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KOTA MAKASSAR

Wehelmince Alnabe (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB I & II.docx

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV & V.docx

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran 17 data penelitian.docx

Download (13MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Adapun rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran mind mapping, bagaimana gambaran keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan model mind mapping, dan apakah ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran mind mapping, untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis karangan deskripsi siswa menggunakan model mind mapping, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu Noneviqualent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Kompleks Lariang Bangi Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil observasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping berlangsung secara sangat baik dikarenakan kategori presentase untuk setiap pertemuannya meningkat. Gambaran hasil penggunaan model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi dapat dilihat dengan nilai rata-rata pada saat pretest dikelas eksperimen 64,72 dan posttest 74,63. Hasil statistik dengan menggunakan SPSS 20.0 diperoleh nilai thitung -11.660 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1.67303 sehingga untuk hasil keterampilan menulis karangan deskripsi thitung (11.660) > ttabel (.67303 ) dan berdasarkan nilai probabilitas diperoleh nilai signifikansi 2-tailed 0,00 < 0,05.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:20
Last Modified: 15 Jun 2023 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30095

Actions (login required)

View Item View Item