ERNA RUSMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V B1 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) WIHDATUL UMMAH KOTA MAKASSAR.
Text
01 sampul.docx Download (57kB) |
|
Image
PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg Download (547kB) |
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (656kB) |
|
Text
04 Motto.docx Download (18kB) |
|
Image
PERNYATAAN SKRIPSI.jpg Download (458kB) |
|
Text
05 Abstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.docx Download (18kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.docx Download (19kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (34kB) |
Abstract
Erna Rusmawati 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Kelas V B1 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wihdatul Ummah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V B1 SDIT Wihdatul Ummah Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V B1 SDIT Wihdatul Ummah Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V B1 SDIT Wihdatul Ummah Kota Makassar dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 30 orang yang semuanya perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V B1 SDIT Wihdatul Ummah Kota Makassar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi guru diperoleh data aktivitas guru dari setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mendapat kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori baik pula. Sedangkan untuk hasil observasi siswa diperoleh data aktivitas siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II mendapat kategori baik pula. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sudah dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V B1 SDIT Wihdatul Ummah Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 05:48 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 05:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30086 |
Actions (login required)
View Item |