PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV A SDN 4 MAROANGIN KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG

IRFAN MUSTAJAB S (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV A SDN 4 MAROANGIN KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul HASIL PENELITIAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
lampiran Awal.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1 Edit kalom.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II Edit Kalom.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB III edit kalom.docx

Download (56kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (26kB)
[img] Text
Siklus 1 rpp lks kuis tes evaluasi lembar guru.docx

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
pekerjaan siswa siklus I.docx

Download (719kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

Irfan Mustajab S, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen t Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV A SDN 4 Maroangin KecamatanbMaiwa Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Widya Karmila S A,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Sumarlin Mus, S.Pd,.M.Pd. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV A SDN 4 Maroangin Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang dan kurang maksimalnya guru dalam pembelajaran kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV A SDN 4 Maroangin Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acievement Division (STAD) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Maroangin Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang dengan subjek penelitian terdiri dari guru kelas beserta siswa kelas IV A dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam hasil belajar siswa pada sisklus I berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dan berada pada kategori tuntas demikian pula aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup sedangkan siklus II aktifitas guru dan siswa sudah berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika kelas IV A SDN 4 Maroangin Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang meningkat .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:51
Last Modified: 15 Jun 2023 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30075

Actions (login required)

View Item View Item