PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SD INPRES KALANG TUBUNG II KOTA MAKASSAR

MEGA SRI WAHYUNI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SD INPRES KALANG TUBUNG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (31kB)
[img] Text
2 sampul depan ega.docx

Download (55kB)
[img] Text
3 Skripsi EGA.docx

Download (147kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (1MB)

Abstract

MEGA SRI WAHYUNI, 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar”. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd., dan Dr. Suarlin, S. Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar Dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan PKn pada Siswa Kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran numbered head together dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas V. Untuk proses aktivitas mengajar guru diperoleh data dari setiap siklus yaitu siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Berdasarkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di kelas V. Pada siklus I dikategorikan kurang dikarenakan penerapan model numbered head together pada pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, namun pada siklus II dikategorikan sangat baik, ini menunjukkan penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:32
Last Modified: 15 Jun 2023 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item