PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SUHARTINA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul, Abstrak, dll.rtf

Download (12MB)
[img] Text
bab I -bab V .rtf

Download (7MB)
[img] Text
Lampiran 23.docx 24.rtf

Download (125kB)
[img] Text
pekerjaan siswa dan persuraan hal 130-142.docx

Download (43MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (25kB)

Abstract

SUHARTINA, 2018. Penerapan model pembelajaran Time Token dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes. dan Dr. Usman, M.Si. pada Program Studi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. ` Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Time Token dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar? .Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Time Token dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran Time Token dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil observasi terhadap aktivitas mengajar guru pada akhir siklus I berada pada kategori cukup dan akhir siklus II mengalami peningkatan dengan kategori baik. Adapun hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I berada pada kategori baik dan akhir siklus II pada kategori baik, dan mengalami peningkatan. Dari segi hasil pembelajaran, penerapan model time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar berdasarkan skor hasil belajar siswa setiap akhir siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan karena telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran time token, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Tidung kecamatan Rappocini kota Makassar meningkat. Kata kunci : Time Token, hasil belajar IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:21
Last Modified: 15 Jun 2023 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30069

Actions (login required)

View Item View Item