PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Normawahdah (2023) PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Sampul.docx

Download (46kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc

Download (111kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (18kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (20kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.doc

Download (37kB)
[img] Text
11. Daftar Gambar.doc

Download (31kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran.doc

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II dan BAB III.docx

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran7. lembar observasi Guru.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran8. lembar observasi siswa.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran20. Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Normawahdah, 2018. Pengaruh Remedial Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika SD Inpres Unggulan Btn Pemda Kecamata Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd.,M.Pd dan Hj. Nurhaedah, S.Pd.,M.Hum. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Unggulan Btn Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar khususnya pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remedial teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika SD Inpres Unggulan Btn Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 81 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling dengan memilih kelas VA dan kelas VB melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunkan uji-normalitas dengan menggunkan sistem Statistical Pachage for Sosial Science (SPSS) versi 20,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota makassar berada pada kategori baik, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum (pretest) dan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (posttest) dalam penerapan remedial teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan pembelajaran dengan penerapan remedial teaching berpengaruh positif atau signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajara matematika SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rapocini Kota Makassar. Sehingga hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan remedial teaching dengan tidak diterapkan remedial teaching. Hasil analisis Independent Sampel T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan remedial teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Unggulan Btn Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:14
Last Modified: 15 Jun 2023 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30068

Actions (login required)

View Item View Item