NURUL ULFAYANI A (2023) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
1. SAMPUL.docx Download (47kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
3. MOTTO.docx Download (16kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
5. PRAKATA.docx Download (25kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
7. BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
8. BAB II.docx Download (82kB) |
|
Text
9. BAB III.docx Download (41kB) |
|
Text
10. BAB IV.docx Download (44kB) |
|
Text
11. BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:. 1) Bagaimanakah gambaran penggunaan metode mind mapping pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar; 2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar; 3) Apakah terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa dengan sampel yang terdiri atas siswa kelas VA sebanyak 27 orang dan siswa keas VB sebanyak 21 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, yaitu dengan proportionate stratified random sampling Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan metode Mind Mapping pada lembar observi termasuk kedalam kategori baik (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen. Kesimpulan penilitian ini adalah “terdapat pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar”.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30063 |
Actions (login required)
View Item |