Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

NURUL ULFAYANI A (2023) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
3. MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
5. PRAKATA.docx

Download (25kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
7. BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
8. BAB II.docx

Download (82kB)
[img] Text
9. BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
10. BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
11. BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:. 1) Bagaimanakah gambaran penggunaan metode mind mapping pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar; 2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar; 3) Apakah terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa dengan sampel yang terdiri atas siswa kelas VA sebanyak 27 orang dan siswa keas VB sebanyak 21 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, yaitu dengan proportionate stratified random sampling Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan metode Mind Mapping pada lembar observi termasuk kedalam kategori baik (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen. Kesimpulan penilitian ini adalah “terdapat pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar”.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:51
Last Modified: 15 Jun 2023 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item