Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

ANA HAERANI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
Halaman sampul.rtf

Download (858kB)
[img] Text
Halaman judul.rtf

Download (645kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI. daftar pustaka.docx

Download (43kB)
[img] Text
Bab 1.doc

Download (75kB)
[img] Text
Bab 2.doc

Download (109kB)
[img] Text
Bab 3.doc

Download (202kB)
[img] Text
Bab 4.doc

Download (179kB)
[img] Text
Bab 5.doc

Download (69kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (75kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.rtf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Permasalan yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperati tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alur setiap siklus terdiri atas 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan hasil belajar siswa. Adapun subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Inpres Je’netallasa, dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Peneelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal yaitu 40% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan secara klasikal yaitu 87,5%. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siwa kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:07
Last Modified: 15 Jun 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30046

Actions (login required)

View Item View Item