PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA KELAS V SDN 31 TELLANG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

INDRA DEWI (2023) PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA KELAS V SDN 31 TELLANG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. sampul.docx

Download (82kB)
[img] Text
2. BAB I - BAB III.docx

Download (84kB)
[img] Text
5. lampiran 1 -8.docx

Download (124kB)
[img] Text
6. lampiran 9.docx

Download (36kB)
[img] Text
6. lampiran 9.docx

Download (36kB)
[img] Text
9. lampiran 10.1 dan lampiran 11.docx

Download (19kB)
[img] Text
12. BIOGRAFI PENULIS.docx

Download (33kB)

Abstract

Indra Dewi (1447041035), Penerapan Strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Kelas V SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Tahun Ajaran 2018 /2019. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd dan Drs. Muh. Faisal, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi survey, question, read, recite, review (SQ3R) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada kelas V SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan strategi SQ3R pada siswa kelas V SDN 31 Tellang tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 59 dan siklus II memperoleh rata-rata nilai 80 yang artinya seluruh siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada kelas V SDN 31 Tellang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:22
Last Modified: 14 Jun 2023 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29971

Actions (login required)

View Item View Item