PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI B2 SDIT WIHDATUL UMMAH KECAMATA PANAKKUKANG KOTA MAKASSA

Sukmawijayanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI B2 SDIT WIHDATUL UMMAH KECAMATA PANAKKUKANG KOTA MAKASSA.

[img] Text
SAMPUL-DAFTAR LAMPIRAN i-xv.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN dan PERSURATAN 63-133.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1- DAFTAR PUSTAKA 1-62.pdf

Download (543kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar PKn siswa kelas VI B2 SDIT Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran PKn, bagaimanakah gambaran hasil belajar pada mata pelajaran PKn, Apakah terdapat pengaruh model SAVI terhadap hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model SAVI terhadap hasil belajar PKn. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest.Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model SAVI dan variable terikat mencakup hasil belajar PKn. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDIT Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan jumlah siswa 63 orang dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VI B2 SDIT Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanya dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independen sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran PKn dapat dikategorikan sangat baik, hasil belajar PKn siswa pada kelompok eksperimen berada pada kategori rendah, sedangkan hasil belajar PKn siswa pada kelompok kontrol berada pada kategori sangat rendah. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model SAVI terhadap hasil belajar PKn siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah model SAVI memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI B2 SDIT Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:40
Last Modified: 14 Jun 2023 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item