MARIA SANDRA ERARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL depan.docx Download (64kB) |
|
Text
SAMPUL 2.docx Download (58kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI. daftar pustaka.docx Download (72kB) |
|
Text
Bab 1.doc Download (71kB) |
|
Text
Bab 2.doc Download (127kB) |
|
Text
Bab 3.doc Download (137kB) |
|
Text
Bab 4.doc Download (178kB) |
|
Text
Bab 5.doc Download (818kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC untuk meningkatakan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Gunung Sari II, Kecamatan Rapocini, Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rapocini II Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru kelas III dan seluruh siswa kelas III SD Negeri Gunung Sari II, yang berjumlah 28 orang dengan jumlah 16 laki-laki dan 12 perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC untuk meningkatakan hasil belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa indonesia. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran CIRC berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran CIRC meningkat yakni dari kategori cukup mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia meningkat mencapai kategori baik. Dengan demikian dapat katakan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:34 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29898 |
Actions (login required)
View Item |