Musfira (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
0. Sampul.docx Download (43kB) |
|
Text
1. Sampul dkk Skripsi.docx Download (6MB) |
|
Text
2. BAB I Skripsi.docx Download (20kB) |
|
Text
4. BAB III Skripsi.docx Download (50kB) |
|
Text
5. BAB IV Skripsi.docx Download (66kB) |
|
Text
6. BAB V Penutup.docx Download (18kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka.docx Download (18kB) |
|
Text
19. Dokumenttasi Skripsi.docx Download (4MB) |
|
Text
20. Riwayat Hidup Mus.docx Download (34kB) |
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik kelas V SD Inpres Rappocini pada mata pelajaran IPA? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Rappocini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan 19 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan kelas V SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan sikap percaya diri peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi sikap percaya diri peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus I ketuntasan sikap belum tercapai dengan maksimal. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik, sehingga ketuntasan sikap percaya diri telah berhasil dan dapat tercapai secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:23 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29892 |
Actions (login required)
View Item |