PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Musfira (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
0. Sampul.docx

Download (43kB)
[img] Text
1. Sampul dkk Skripsi.docx

Download (6MB)
[img] Text
2. BAB I Skripsi.docx

Download (20kB)
[img] Text
4. BAB III Skripsi.docx

Download (50kB)
[img] Text
5. BAB IV Skripsi.docx

Download (66kB)
[img] Text
6. BAB V Penutup.docx

Download (18kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
19. Dokumenttasi Skripsi.docx

Download (4MB)
[img] Text
20. Riwayat Hidup Mus.docx

Download (34kB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik kelas V SD Inpres Rappocini pada mata pelajaran IPA? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Rappocini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan 19 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan kelas V SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan sikap percaya diri peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi sikap percaya diri peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus I ketuntasan sikap belum tercapai dengan maksimal. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik, sehingga ketuntasan sikap percaya diri telah berhasil dan dapat tercapai secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:23
Last Modified: 14 Jun 2023 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29892

Actions (login required)

View Item View Item