PENGARUH PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF SISWA KELAS IV SDN 5 PASUI KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG

ZULKARNAIM (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF SISWA KELAS IV SDN 5 PASUI KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SAMPUL.rtf

Download (793kB)
[img] Text
sampul ketiga dll.docx

Download (42kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
semua lampiran yg di print.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP as.rtf

Download (2MB)

Abstract

Zulkarnaim, 2017. Pengaruh Strategi AMBT (Aktifitas Membaca Berfikir Terbimbing) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif pada Siswa Kelas IV SDN 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam mambaca pemahaman interpretatif. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh strategi AMBT (Aktifitas Membaca Berfikir Terbimbing) terhadap peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif pada Siswa Kelas IV SDN 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh AMBT (Aktifitas Membaca Berfikir Terbimbing) terhadap peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif pada Siswa Kelas IV SDN 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen, dengan tahap Pre Test, treatment, dan Post Test. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design yang merupakan bentuk desain penelitian one group Pre Test postest design. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan paired sample t-test. Kemampuan membaca pemahaman interpretatif sesudah pemberian perlakuan menggunakan strategi AMBT lebih meningkat dibandingkan sebelum pemberian strategi AMBT dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang secara signifikan kemampuan membaca pemahaman interpretative siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi AMBT. Kesimpulannya strategi AMBT memberikan pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa kelas IV SDN 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:07
Last Modified: 14 Jun 2023 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29887

Actions (login required)

View Item View Item