Dewi Junita Angraeni (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1) SAMPUL PERTAMA.docx Download (47kB) |
|
Text
2) SAMPUL KEDUA.docx Download (45kB) |
|
Image
3) PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg Download (681kB) |
|
Image
4) PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.jpg Download (691kB) |
|
Text
5) PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (37kB) |
|
Text
6) MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
7) ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
8) PRAKATA.docx Download (25kB) |
|
Text
9) DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
|
Text
10) DAFTAR TABEL & DAFTAR GAMBAR.docx Download (18kB) |
|
Text
11) DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
14) LAMPIRAN 1 - LAMPIRAN 25.docx Download (2MB) |
|
Text
22) RIWAYAT HIDUP.docx Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Beranjak dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 26 orang laki-laki, 12 orang perempuan dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran matematika maka motivasi belajar siswa tentang materi pecahan campuran kelas V di SD Negeri Minasa Upa meningkat. Dapat dilihat pada perkembangan setiap siklus. Siklus I belum menunjukkan motivasi belajar yang tinggi karena masih pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika meningkat karena telah mencapai target persentase yang telah ditentukan dan berada pada kategori baik. Dengan demikian, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (TAI) dalam pembelajaran matematika dengan materi pecahan campuran ini berhasil.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29870 |
Actions (login required)
View Item |