PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MUHAMMAD HARYANTO ISKANDAR (2023) PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (35kB)
[img] Text
h Sampul kedua,Penyataan Keaslian, Moto, Abstrak, Prakata, Daftar Isi.docx

Download (88kB)
[img] Text
a BAB 1,2,3.docx

Download (66kB)
[img] Text
d Lampiran lembar Hasil Observasi Siswa.docx

Download (67kB)
[img] Text
g Dokumentasi Penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (35kB)

Abstract

Muhammad Haryanto Iskandar. Penerapan Model Team Assisted Individualiztion (TAI) Pada Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B., M.Pd. dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Pertiwi kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Team Assisted Individualizatioan (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil observasi siklus II yaitu menjadi baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes hasil belajar siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori cukup, dimana terdapat 20 siswa dikategorikan tuntas dan 12 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus II berada pada kategori baik, dimana terdapat 26 siswa dikategorikan tuntas dan 6 siswa dikategorikan tidak tuntas. Bagi siswa yang tidak tuntas di siklus II, diberikan tindakan remedial oleh guru. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan Model Team Assisted Individualiualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:52
Last Modified: 13 Jun 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item