PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPEREATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Tuty Alawiyah Rusli (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPEREATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Bab 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
Bab III.doc

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (211kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
sampul dll.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada siswa kelas III; (2) bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; (3) apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada pembelajaran matematika di kelas III; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe pair check sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Jumlah populasi yaitu 60 siswa.Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas III SDI Bertingkat LariangBangi I dengan jumlah 30 siswa dan kelas III SD Negeri LariangBangi I dengan jumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatmen dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage for Sosia Science (SPSS) versi 20,0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar kognitif matematika kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:25
Last Modified: 13 Jun 2023 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29859

Actions (login required)

View Item View Item