Fitriah. R (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 192 INPRES TAKKALASI KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS.
Text
A. SAMPUL DEPAN DLL.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB I.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (101kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (73kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (39kB) |
|
Text
Lampiran 1 Kisi-Kisi Instrumen.docx Download (24kB) |
|
Text
Lampiran 2-3 Soal Pre-test-Kunci Jawaban.docx Download (135kB) |
|
Text
Lampiran 8 LO Keterlaksanaan Metode.docx Download (220kB) |
|
Text
Lampiran 9 Lembar jawaban pretest.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 10 Lembar jawaban posttest.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (45kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (3) apakah ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (3) untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi yaitu 45 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas IVA dan kelas IVB dengan jumlah 45 siswa melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan metode eksperimen dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:10 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29853 |
Actions (login required)
View Item |