PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 192 INPRES TAKKALASI KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS

Fitriah. R (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 192 INPRES TAKKALASI KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
A. SAMPUL DEPAN DLL.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran 1 Kisi-Kisi Instrumen.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 2-3 Soal Pre-test-Kunci Jawaban.docx

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran 8 LO Keterlaksanaan Metode.docx

Download (220kB)
[img] Text
Lampiran 9 Lembar jawaban pretest.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 10 Lembar jawaban posttest.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (3) apakah ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros; (3) untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi yaitu 45 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas IVA dan kelas IVB dengan jumlah 45 siswa melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan metode eksperimen dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 192 Inpres Takkalasi Kecamatan Marusu Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:10
Last Modified: 13 Jun 2023 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29853

Actions (login required)

View Item View Item