PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN LABUANG BAJI I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

KHAIFA HAERUNNISA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN LABUANG BAJI I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (19kB)
[img] Text
2. halaman depan terpakai.docx

Download (131kB)
[img] Text
3. Bab I- III.docx

Download (139kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (82kB)

Abstract

Khaifa Haerunnisa. 2018. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siwa Kelas V SDN Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Lutfi B., M.Kes dan Muhammad Irfan, S.Pd.M.Pd . Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar .Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar dengan jumlah siswa 34 orang terdiri dari 14 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori kurang (K), pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B) , pertemuan II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori sangat kurang (SK), pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B), pertemuan II berada pada kategori sangat baik (SB).. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:08
Last Modified: 13 Jun 2023 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item