PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN MAPPALA KOTA MAKASSAR

Hasrullah (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN MAPPALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul dll.docx

Download (949kB)
[img] Text
BAB I, II, III PROPOSAL PENELITIAN.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Mappala Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Mappala Kota Makassar; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mappala Kota Makassar; (3) apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Mappala Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Mappala Kota Makassar; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mappala Kota Makassar; (3) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Mappala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan model pre-eksperimental desing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mappala Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 4 orang perempuan pada tahun ajaran 2017/2018 yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis statistk deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa setelah dilakukan perlakuan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mappala Kota Makassar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:58
Last Modified: 13 Jun 2023 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item