PENGARUH PENERAPAN METODE SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI PAGANDONGAN KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

SITI RAODA (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI PAGANDONGAN KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL dll.docx

Download (101kB)
[img] Text
BAB I-IV.docx

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (7MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Siti Raoda, 2017. Pengaruh Penerapan Metode Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Penerapan Metode Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan metode scaffolding terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? (3) apakah terdapat pengaruh antara penerapan metode scaffolding terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar?. Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode scaffolding terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode scaffolding terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang diambil menggunakan purposive sampling yaitu dengan karakteristik tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis-t (Separated Varian) diperoleh thitung lebih besar dibanding ttabel pada taraf signifikansi dan derajat kebebasan tertentu. Kesimpulan penelitian ini adalah metode scaffolding memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:33
Last Modified: 09 Jun 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29648

Actions (login required)

View Item View Item