PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 157 PASARAYA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

Fitri Ramdani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 157 PASARAYA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
sampul.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.doc

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)

Abstract

Fitri Ramdani, 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba”. Skripsi dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Drs. Nasaruddin, S.Pd.,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPA siswa SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari kabupaten Bulukumba. Adapun tujuannya mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berulang atau siklus. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning, dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 21 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dilihat dari dua aspek yaitu proses dan hasil. Proses pembelajaran aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori Kurang dan siklus II meningkat menjadi kategori baik, sedangkan aktifitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik Motivasi belajar siswa siklus I mencapai kategori cukup dan pada Siklus II motivasi belajar siswa mencapai kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:28
Last Modified: 09 Jun 2023 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29631

Actions (login required)

View Item View Item