PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREVIEW, QUESTION, READ , REFLECT, RECITE, DAN REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 017 SABBANGKECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

YUDHA PANODJI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREVIEW, QUESTION, READ , REFLECT, RECITE, DAN REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 017 SABBANGKECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP.docx

Download (77kB)
[img] Text
baba I Yudha.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA yudha.docx

Download (19kB)
[img] Text
12 dan 19 Observasi Guru dan Siswa.docx

Download (236kB)
[img] Text
20 dan 22 Hasil rekap belajar.docx

Download (24kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (2MB)

Abstract

Yudha Panodji, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 017 Sabbang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Dr. Suarlin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD SD Negeri 017 Sabbang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 017 Sabbang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 017 Sabbang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 017 Sabbang dengan jumlah keseluruhan siswa 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, maupun hasil tes siswa berada dalam kategori tidak tuntas. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, dan hasil tes siswa berada dalam kategori tuntas. Dengan demikian, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R),hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelasV SD SD Negeri 017 Sabbang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:40
Last Modified: 08 Jun 2023 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29620

Actions (login required)

View Item View Item