PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IVB SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

ST. MUKARRAMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IVB SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (18kB)
[img] Image
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.jpg

Download (660kB)
[img] Image
PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg

Download (751kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (101kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (132kB)
[img] Text
DOK & PERSURATAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside-Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus Penelitian adalah penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB. Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IVB bertindak sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini yakni 25 siswa yang terdiri dari 12 Laki-Laki dan 13 Perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi sedangkan tehnik analisis data yaitu analisis data kualtatif deskriptif. Berdasarkan pelaksanaan dan analisis data, penelitian ini menunjukkan penerapan model Inside-Outside-Cicle, berjalan dengan baik terlihat dari aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup karena masih ada indikator pembelajaran yang belum terlaksana dan pada siklus II berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan karena guru hampir sepenuhnya melaksanakan indikator sesuai langkah pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup karena belum mencapai indikator keberhasilan dikarenakan masih ada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik karena telah mencapai indikator keberhasilan dikarenakan hampir seluruh siswa aktif dalam pembelajaran. Setelah penerapan model Inside-Outside-Cicle, hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan hal ini terlihat pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 70 dan meningkat pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 70. Dengan demikian penerapan model Inside-Outside-Cicle dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:38
Last Modified: 07 Jun 2023 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item View Item