PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MACCINI II KOTA MAKASSAR

FITRIANTI (2023) PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MACCINI II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (156kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Riwayar Hidup.docx

Download (51kB)

Abstract

Fitrianti, 2016. Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Maccini II Kota Makassar. Skripsi (Dibimbing Oleh Ahmad Syawaluddin,S.Kom.,M.Pd dan Dra.Hj.St.Murni,M.Hum). Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas IV SD Negeri Maccini II Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Maccini II Kota Makassar ?. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Maccini II Kota Makassar. Pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Maccini II Kota Makassar yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B yang seluruhnya berjumlah 32 siswa yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistika inferensial. Adapun kesimpulannya yaitu adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Maccini II Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan model mind mapping.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:50
Last Modified: 07 Jun 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item