PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 103 KALOSI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG

HARYONO (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 103 KALOSI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Sampul haryono.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV-V haryono.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP haryono.docx

Download (47kB)

Abstract

Haryono. 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 103 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 103 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 103 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatakan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 103 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SDN 103 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dengan jumlah siswa 17 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 7 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) meningkat menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) meningkat menjadi kategori cukup (C) dan siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V SDN 103 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:05
Last Modified: 07 Jun 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29553

Actions (login required)

View Item View Item