PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 WANIO KECAMATAN PANCA LAUTANG KABUPATEN SIDRAP

NURHIDAYAT UMAR (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 WANIO KECAMATAN PANCA LAUTANG KABUPATEN SIDRAP.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (64kB)
[img] Text
2. BAB I-V.docx

Download (100kB)
[img] Text
3. Silabus.docx

Download (15kB)
[img] Text
6. Lampiran Observasi Siswa.docx

Download (49kB)
[img] Text
7. Lembar Tes Akhir Belajar.docx

Download (2MB)
[img] Text
8. Riwayat Hidup.docx

Download (41kB)

Abstract

Nurhidayat Umar, 2016. Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap. Skripsi. Di bimbing oleh Dra. Amrah S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. St. Johara Nonci M.Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia karena belum optimalnya metode pembelajaran yang digunakan guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Metode Scrambel dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode scramble dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun Fokus penelitian terdiri dari penerapan metode scramble dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Setting penelitian bertempat di SD Negeri 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap dan subjek penelitian yaitu satu guru kelas V dan 15 siswa kelas V SD Negeri 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Scramble dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada baik. Sedangkan aktifitas hasil belajar siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada baik. Hasil belajar Bahas Indonesia siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Scramble secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:01
Last Modified: 07 Jun 2023 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29552

Actions (login required)

View Item View Item