PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN(SBK) KELAS IV SD INPRES PAJAIANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

KHUSNUL KHATIMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN(SBK) KELAS IV SD INPRES PAJAIANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul 2(i).docx

Download (21kB)
[img] Text
Nunu.docx

Download (63kB)
[img] Text
NUNU SKRIPSI FIX.docx

Download (86kB)
[img] Text
PAJAIANG.docx

Download (4MB)

Abstract

Khusnul Khatimah. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk meningkatkan Keterampilan Siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas IV SD Inpres Pajaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman S.Pd., M.Pd. dan Khaerunnisa,S.Pd.I.,M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model Pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas IV SD Inpres Pajaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) SD Inpres Pajaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk tes keterampilan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Langsung dan Keterampilan siswa dalam membuat gambar ilustrasi. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, tes berupa praktek dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis hasil observasi guru dan siswa serta tes pratek berupa rubrik penilaian membuat gambar ilustrasi.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Pajaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun keterampilan siswa. dari hasil analisis rubrik penilaian (proses dan hasil) membuat gambar ilustrasi siklus I, mencapai kriteria cukup. kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kriteria menjadi kriteria baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas IV SD Inpres Pajaiang Kecamatan Biringkanaya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 05:59
Last Modified: 06 Jun 2023 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29529

Actions (login required)

View Item View Item