PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATANUJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

RENDY RUDOLFO KAMANASA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATANUJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
BAGIAN 1 AWAL.docx

Download (91kB)
[img] Text
BAGIAN 2 ISI.docx

Download (2MB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

RENDY RUDOLFO KAMANASA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 183 Garanta. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 183 Garanta. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 183 Garanta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus pada penerapan model pembelajaran Picture And Picture dan hasil belajar IPS. Setting penelitian dilaksanakan di SDN 183 Garanta, dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 183 Garanta yang berjumlah 37 orang, yang terdiri dari 22 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik pengamatan, tes hasil belajar dan dokumen. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan aktivitas mengajar guru siklus satu dikategorikan (C), dan pada siklus dua hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dikategorikan (B). Demikian pula dengan hasil pengamatan belajar siswa pada siklus satu dikategorikan (C), dan pada hasil pengamatan belajar siswa siklus dua dikategorikan (B). Nilai ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh secara tuntas apabila siswa mencapai. Adapun hasil pada siklus satu belum berhasil yakni memperoleh persentase ketuntasan dengan kategori (K), dan pada siklus dua memperoleh persentase ketuntasan dengan kategori (B), Maka bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SDN 183 Garanta.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:00
Last Modified: 06 Jun 2023 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29523

Actions (login required)

View Item View Item