PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV B SD INPRES MALLENGKERI I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

FITRIANI S (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV B SD INPRES MALLENGKERI I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
BAGIAN AWAL.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB 1,2 DAN 3.docx

Download (92kB)
[img] Text
lampiran 20 DATA HASIL TES SIKLUS 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran 21 rekap nilai.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran 22 KETUNTASAN BELAJAR.docx

Download (19kB)
[img] Text
lampiran 23 dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (171kB)

Abstract

Fitriani S, 2016. Penerapan Model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV B SD Inpres Mallengkeri 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Hamzah Pagarra S.Kom., M.Pd dan Dr. Latang M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPS murid kelas IV B. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan Model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas IV B SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas IV B SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan murid kelas IV B yang berjumlah 27 orang murid. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas (TT)sedangkan pada siklus II berada pada kategori Tuntas (T). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid dalam proses pembelajaran yang menyebabkan persentase ketuntasan hasil belajar IPS murid dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas IV B SD Inpres Mallengkeri I Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:46
Last Modified: 06 Jun 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item