Pengembangan LKPD Berbasis Model Kreatif Produktif untuk Peserta Didik Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Bulukumba. (dibimbing oleh Muris dan Jasruddin)

AISYAH, AISYAH (2016) Pengembangan LKPD Berbasis Model Kreatif Produktif untuk Peserta Didik Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Bulukumba. (dibimbing oleh Muris dan Jasruddin). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
1. BAB I (1-8).docx

Download (29kB)
[img] Text
5. BAB V (96-98).docx

Download (21kB)

ABSTRAK Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik adalah model pembelajaran kreatif produktif. Melalui model pembelajaran kreatif produktif, peserta didik akan menemukan konsep yang dipelajarinya dengan bantuan bahan ajar yang tepat. Olehnya itu , penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan bahan ajar Fisika berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan model pembelajaran Kreatif dan Produktif pada materi listrik statis dan dinamis yang berkualiatas(valid dan praktis), (2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan LKPD yang dikembangkan, (3) mengetahui efektivitas pencapaian life skill peserta didik kelas XI program keahlian Teknik kenadaraan Ringan SMKN 3 Bulukumba yang telah diajar dengan menggunakan LKPD berbasis model kreatif produktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Dalam pengumpulan datanya digunakan(1) lembar validasi, (2) lembar observasi , (3) angket, dan (4) tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,82 dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran fisika listrik statis dan dinamis. Peserta didik menanggapi positif penggunaan produk LKPD yang dikembangkan yang ditunjukkan dengan aktivitas peserta didik yang sangat baik , 93 % memberikan respon positif, peserta didik dapat menyerap pelajaran dengan baik. Efektivitas pencapaian life skill 73% setelah peserta didik diajar dengan menggunakan LKPD berbasis model kreatif produktif. Kata Kunci: Lembar kerja peserta didik, pembelajaran kreatif produktif, pengalaman belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:13
Last Modified: 06 Oct 2017 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item