PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN Pkn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 90 PANGISORENG KECAMATAN MALLAWA KABUPATEN MAROS

UMRAH (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN Pkn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 90 PANGISORENG KECAMATAN MALLAWA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
2. Sampul i.docx

Download (39kB)
[img] Text
4. Bagian Depan Skripsii.docx

Download (40kB)
[img] Text
5. skripsi.docx

Download (197kB)
[img] Text
6. dokumentasi foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
7. Riwayat hidup.docx

Download (35kB)

Abstract

UMRAH, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn kelas V SDN 90 Pangisoreng kecamatan mallawa Kabupaten Maros, Skripsi. Dibimbing oleh: Dr.Suarlin,M.Si, dan Dr.Latang.,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN 90 Pangisoreng kecamatan mallawa Kabupaten Maros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan mata pelajaran PKn khususnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dangan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 12 orang siswa dimana 3 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Fokus penelitian ini yaitu penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan materi kebebasan berorganisasi.Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa siklus I yang berada pada kategori kurang, dari hasil belajar siswa siklus I ini guru merefleksi kembali hal-hal yang perlu di evaluasi dengan cara merubah gaya belajar yang sesuai dengan materi siswa sehingga pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil observasi guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II begitu juga pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas V SDN 90 Pangisoreng Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros Meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:11
Last Modified: 05 Jun 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29513

Actions (login required)

View Item View Item