PARAMITA BAKRI (2023) PENERAPAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 202 KA’NEA SAPANANG KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.
Text
Sampul Depan.docx Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (29kB) |
|
Text
bab 2 (MERAH).docx Download (39kB) |
|
Text
Bab 3 ( MERAH ).docx Download (31kB) |
|
Text
dokumentasi.docx Download (3MB) |
|
Text
lampiran siklus 1.docx Download (357kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUPku.docx Download (31kB) |
Abstract
PARAMITA BAKRI, 2016, Penerapan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas II Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jenepoonto .Skripsi. Dibimbing Oleh Prof. Dr.H.Patta Bundu,M.Ed Dan Dr. Latang M.Pd: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas II SDN 202 ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah Bagaimanakah Penerapan Media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas II SDN No. 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan media kartu bilangan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas II pada mata pelajaran Matematika di SDN 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus penelitian ini adalah penerapan Media kartu bilangan dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah seorang guru dan mirid kelas II SDN 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto Tahun Ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar murid pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar murid dari kategori cukup pada siklus I mnjadi kategori baik pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Media Kartu Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Murid kelas II SDN 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 May 2023 06:00 |
Last Modified: | 31 May 2023 06:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29369 |
Actions (login required)
View Item |