PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS IV A SDN ALLU 1 NO.13 KECAMATANBANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

ASTI APRILIA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS IV A SDN ALLU 1 NO.13 KECAMATANBANGKALA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (46kB)
[img] Text
PROPOSAL ASTI.docx

Download (67kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (83kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP ASTI.docx

Download (33kB)

Abstract

Asti Aprilia, 2016.“Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV A SDN Allu 1 Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed. dan Nur Abidah Idrus S.Pd., M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV A SDN Allu 1 No.13 Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV A SDN Allu 1 No.13 Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap IPA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 03:49
Last Modified: 30 May 2023 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29308

Actions (login required)

View Item View Item