PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES 6/75 WAEKECCE’E KECAMATAN LAPPARIAJA KABUPATEN BONE

SUDARLIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES 6/75 WAEKECCE’E KECAMATAN LAPPARIAJA KABUPATEN BONE.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
5.BAB I-III.docx

Download (64kB)
[img] Text
lampiran foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (32kB)

Abstract

SUDARLIA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing Oleh Dra.Hj. Nurhaedah A,M.Si Dan Ahmad Syawaluddin,S.Kom.,M.Pd pada Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce,e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Fokus penelitian adalah penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Setting penelitian adalah di SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.Teknik Pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data adalah teknik analisis kualitatif dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih berada pada kategori kurang. Sedangkan pada siklus II hasil belajar IPS sudah berada pada kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 03:04
Last Modified: 30 May 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29303

Actions (login required)

View Item View Item