PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 119 BENTENG TELLUE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE

ANDI IRVAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 119 BENTENG TELLUE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE.

[img] Text
00 sampul depan.docx

Download (63kB)
[img] Text
01 bagian depan skripsi lengkap.docx

Download (105kB)
[img] Text
02 BAB I - V.docx

Download (175kB)
[img] Text
07 DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
04 LAMPIRAN 11 hasil observasi guru.docx

Download (38kB)
[img] Text
08 Riwayat Hidup.docx

Download (493kB)

Abstract

Andi Irvan, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Hesds Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelasVI SDN 119 Benteng Tellue Kecamata Amali Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd dan Dr. Abd. Hakim M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone ? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SDN 119 Benteng Tellue Kecamaan Amali Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat Di SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone dengan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 15 orang siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori sangat baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 02:06
Last Modified: 30 May 2023 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item