PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA DI KELAS V SD SULURANG KECAMATAN TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

SURAEDA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA DI KELAS V SD SULURANG KECAMATAN TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Halaman Sampul 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
halaman sampul kedua_2.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB I - BAB V perbaikan hasil.docx

Download (125kB)

Abstract

SURAEDA. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Sulurang Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd., dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa di kelas V SD Sulurang Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa di kelas V SD Sulurang Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Matematika melalui penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada siswa di kelas V SD Negeri Sulurang Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Matematika Realistik. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika melalui pendekatan Matematika Realistik mengalami peningkatan yaitu pada siklus I berada pada kategori Baik (B) dan siklus II berada pada kategori Sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Sulurang Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 01:48
Last Modified: 30 May 2023 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29291

Actions (login required)

View Item View Item