PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 LABAKKANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

ANITA ASRIANINZIH (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 LABAKKANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul dan teman-temannya.docx

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I - V.docx

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSIKU.docx

Download (1MB)
[img] Text
SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (19kB)

Abstract

Anita Asrianinzih, 2016. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd dan Khaerunnisa,S.Pd.I.,MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 23 Orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun nilai hasil tes belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih berada pada kategori cukup, dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan nilai hasil tes belajar siswa siklus I secara klasikal belum tuntas dan siklus II sudah tuntas secara klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 07:11
Last Modified: 29 May 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29269

Actions (login required)

View Item View Item