PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI FADLI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (62kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (4MB)
[img] Text
ISI.docx

Download (93kB)

Abstract

ANDI FADLI.2016.Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd, M.Pd. dan Dra. Hj. Nurhaedah, M. Si, pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 orang. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Adapun hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori Cukup (C), dan pada siklus II berada pada kategori Baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dimana siklus I berada pada kategori Kurang (K), pada siklus II diperoleh nilai hasil belajar siswa sudah berada pada kategori Sangat Baik (SB) dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 02:08
Last Modified: 29 May 2023 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29252

Actions (login required)

View Item View Item