PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

YOHANIS NABEN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL YOAN.docx

Download (174kB)
[img] Text
PEDOMAN PENSKORAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
SRIPSI UTUH.docx

Download (3MB)

Abstract

YOHANIS NABEN 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalahnya ialah bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam menerapkan Pendekatan Konstruktivisme di setiap siklus yakni pada siklus I berada pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik) sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup) kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan sehingga telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 00:55
Last Modified: 29 May 2023 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item