TASYA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVB SD NO. 137 INPRES KAEMBA I KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS.
Text
1 SAMPUL SKRIPSI.docx Download (47kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING Tasya.docx Download (23kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI TASYA.docx Download (23kB) |
|
Text
2 BAB I.docx Download (19kB) |
|
Text
3 BAB II.docx Download (31kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN SKRIPSI.docx Download (1MB) |
|
Text
8 dokumentasi.docx Download (3MB) |
|
Text
9 RIWAYAT HIDUP 1.docx Download (85kB) |
Abstract
TASYA, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVB SD No. 137 Inpres Kaemba I Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Skripsi, dibimbing oleh Drs.Lutfi B, M.Kes dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVB SD No. 137 Inpres Kaemba I Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVB SD No. 137 Inpres Kaemba I Kecamatan Marusu Kabupaten Maros? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVB SD No. 137 Inpres Kaemba I Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SD No. 137 Inpres Kaemba I Kecamatan Marusu Kabupaten Maros dengan jumlah siswa 24 orang dan 1 orang guru. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik, sedangkan hasil observasi belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik, selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siklus I dikategorikan tidak tuntas kemudian pada siklus II dikategorikan tuntas dan kriteria ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IVB SD No. 137 Inpres Kaemba I Kecamatan Marusu Kabupaten Maros meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:16 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29232 |
Actions (login required)
View Item |