PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKANHASIL BELA JAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V DI SD INPRES TALAKAYA KABUPATEN BANTAENG

L A M B I (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKANHASIL BELA JAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V DI SD INPRES TALAKAYA KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (37kB)
[img] Text
skripsi unm 2014.docx

Download (224kB)
[img] Text
foto keg PBM.docx

Download (3MB)

Abstract

Lambi, 2015. Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di SD Inpres Talakaya Kabupten Bantaeng, dibimbing oleh Dra, St, Johara Nonci,M.Si dan Dra. St. Kasmawati, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Inpres Talakaya Kabupaten Bantaeng tergolong rendah, maka rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Inpres Talakaya Kabupaten Bantaeng? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres Talakaya Kabupaten Bantaeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Talakaya dengan subjek penelitian adalah 1 orang guru dan siswa kelas V berjumlah 15 orang 8 orang laki laki dan 7 orang perempuan. Fokos penelitian ini adalah pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada katergori cukup, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup.Sedangkan pada siklus II aktivitas mengajara guru berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Dan hasil dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembalajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division hasil belajar siswa .pada mata pelajaran PKn dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi Sementara Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik data kualitatif yaitu mereduksi data, menyalin data, menarik kesimpulan dan verivikasih. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Talakaya meningkat.Peningkatan tersebut terlihat pada meningkatnya nilai rata rata kelas dari siklus I cukup dan siklus II dikategorikan sangat baik. Ketuntsan klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Studentt Team Achievement Division terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Talakaya Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 06:50
Last Modified: 26 May 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item View Item