PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES BELAKA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

ELVIRA (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES BELAKA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
hal. depan.docx

Download (88kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING LULUS ELVIRA.rtf

Download (2MB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI ELVIRA.rtf

Download (2MB)
[img] Text
Isi skripsi.docx

Download (109kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (58kB)

Abstract

Elvira. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Discovery dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr Latang M.Pd dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini yaitu penerapan Metode Discovery dan hasil belajar. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 guru dan 20 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 06:35
Last Modified: 26 May 2023 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29223

Actions (login required)

View Item View Item